getaran, gelombang dan bunyi

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

 

1.             Identifikasi Mata pelajaran

Satuan pendidikan              :  SMK N 2 PTS

Kelas                                      :  XI / 2

Semester                              :  Genap

Mata Pelajaran                    :  FISIKA

2.             Standar Kompetensi           :  Menerapkan getaran, gelombang dan bunyi

3.             Kompetensi Dasar              :  10.1   Menguasai hukum getaran, gelombang dan bunyi

4.             Indikator                                :   a.     Karakteristik gelombang transversal dan longitudinal ditemukan melalui demostrasi sederhana

b.     Gejala interferensi, difraksi, refraksi, refleksi, dispersi, polarisasi gelombang ditujukkan melalui tinjauan pustaka.

c.     Perambatan gelombang melalui suatu medium ditunjukkan melalui injauan pustaka

d.     Efek doppler di rumuskan persamaan matematisnya

5.             Tujuan Pembelajaran        :  setelah pembelajaran peserta didik diharapkan mampu:

a. Mendeskripsika pengertian gelombang

b. Mendeskripsika jenis gelombang berdasarkan medium

c. Mendeskripsika jenis gelombang berdasarkan arah getar

d. Menya jenis gelombang berdasarkan amplitudo

e.

f.

g. Mendeskripsika pengertian tumbukan lenting sebagian

h. Menghitung kecepatan benda ketika bertumbukan secara lenting sempurna

i. Menghitung besarnya energi yang hilang setelah dua benda bertumbukan.

j. Menghitung kecepatan benda ketika bertumbukan secara tak lenting sama sekali

k. Menghitung besarnya koefisien kelentingan dengan benar

6.             Materi Ajar                            :   Terlampir

A. Pengertian Gelombang

B. Sifat-sifat umum Gelombang

7.             Alokasi Waktu                      :  2 x 45 menit

8.             Model dan Metode Pembelajaran

Model                                     : DI

Metode                                  : Ekspositori, Diskusi, Tanya Jawab

9.             Kegiatan Pembelajaran

A.    Kegiatan Pendahuluan (15 menit)

1) Mengucapkan salam

2) Mengabsen siswa

3) Memeriksa kesiapan siswa serta kesiapan ruang, alat dan media pembelajaran

FASE 1 : MENYAMPAIAKN TUJUAN DAN MEMPERSIAPKAN SISWA

4) Prasyarat pengetahuan:

–       Apakah yang dimaksud dengan tumbukan?

5) Menyampaikan kompetensi (tujuan) yang akan dicapai dan rencana kegiatan.

B. Kegiatan Inti (60 menit)

FASE 2: MENDEMONSTRASIKAN PEGETAHUAN DAN KETERAMPILAN

1) Guru menuliskan judul “Tumbukan

2) Guru meminta siswa untuk mendiskusikan pengertian tumbukan dengan teman sebangkunya

3) Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan pengertian tumbukan dan jenis-jenis tumbukan.

4) Guru meminta siswa menyebutkan jenis tumbukan serta ciri-ciri dari masing-masing jenis tumbukan

5) Siswa mendeskripsikan jenis tumbukan serta ciri-cirinya dengan bantuan bahan ajar

6) Guru memberikan informasi yang benar dan mendeskripsikan jenis-jenis tumbukan menurut kelentingannya serta memformulasikan kedalam persamaan matematis.

a. Tumbukan Lenting Sempurna

Tumbukan dua benda di sebut lenting sempurna apabila dalam tumbukan tersebut jumla energy kinetic benda sebelum dan sesudah tumbukan tetap.dengan demikian pada tumbukan lenting sempurna ini adapat kita formulasikan kedalam persamaan matematis;

 

b. Tumbukan Lenting sebagian

Ciri-ciri Tumbukan Lenting Sebagian :

a) Berlaku Hukum Kekekalan Momentum

b) Energi kinetik sebelum dan setelah tumbukan tidak sama

c) Kecepatan relatif sesudah tumbukan berkurang dibandingkan setelah tumbukan

d) 0 < e < 1

c. Tumbukan Tidak Lenting Sama Sekali

Secara khusu persamaannya dapat kita tulis:


Ciri-ciri Tumbukan Tidak Lenting sama sekali :

a) Setelah tumbukan benda menyatu

b) Kecepatan setelah tumbukan sama besar

c) Berlaku Hukum Kekekalan Momentum

d) Mengalami kehilangan energi kinetik

e) e = 0

7) Guru memberikan contoh soal untuk menghitung besarnya kecepatan benda setelah tumbukan pada kasus tumbukan lenting sempurna dan tumbukan tidak lenting sama sekali.

Contoh soal:

Sebuah benda yang massanya 2 kg bergerak ke kanan dengan kecepatan 10 m/s. Bola tersebut kemudian menumbuk bola lain yang massanya 4 kg dan datang dari arah berlawanan dengan kecepatan 15 m/s. Berapa kecepatan kedua benda setelah tumbukan, jika:

a. Tumbukan lenting sempurna?

b. Tumbukan tidak lenting sama sekali?

Penyelesaian:

Diketahui:

m1 = 2 kg, v1 = 10 m/s

m2 = 4 kg, v2 = 15 m/s

ditanyakan :

a. Jika kedua benda bertumbukan secara lenting sempurna, maka berlaku:

(Pers.1)

Menurut hukum kekekalan momentum:

(Pers.2)

Maka masukkkan nilai pers. 1 : kedalam pers.2

Jika maka

Sehingga diperoleh

b. Jika kedua benda bertumbukan tidak lenting sama sekali, maka pada akhir tumbukan kedua benda melekat jadi satu, sehingga:

Menurut hukum kekekalan momentum:

Karena , maka dapat ditulis:

8) Siswa diminta memahami dan mengajukan pertanyaan jika ada yang belum dipahami

9) Selanjutnya guru menjelaskan tentang koefisien kelentingan dan memformulasikan nya kedalam persamaan matematis.

Secara umum untuk ketiga jenis tumbukan, persamaan dinyataka:

 

Dengan:

  • Untuk tumbukan lentingan lenting sempurna, e=1
  • Untuk  tumbukan lenting sebagian, 0 < e < 1
  • Untuk tumbukan tak lenting sama sekali, e = 0

Pada jatuhnya kelereng ke lantai berlaku persamaan:

10) Guru memberikan beberapa contoh soal kepada siswa untuk menghitung besarnya energi yang hilang setelah dua benda bertumbukan.

Contoh soal:

Sebuah peluru senapan angin(mimis) yang massanya 15 gram di tembakkan dnegan kecepatan 200 m/s, mengenai segumpal lilin mainan yang massanya 500 gram yang tergantung pada seutas tali yang panjang. Mimis melekat pada lilin mainan itu. Hitunglah :

a. Kecepatan lilin saat mimis masuk ke dalam

b. Energi yang hilang dalam tumbukan tersebut

Penyelesaian:

Mimis:    m1 = 150 gr = 0,015 kg

V1 =200 m/s

Lilin :      m2 = 500 gr = 0,5 kg

V2 = 0 m/s

a. Kecepatan mimis dan lilin setelah tumbukan:

Menurut hukum kekekalan momentum:

b. Energi yang hilang dalam tumbukan adalah energi kinetik sebelum tumbukan dikurangi energi kinetik setelah tumbukan:

  • sebelum tumbukan

  • setelah tumbukan

Jadi energi kinetik yang hilang dalam tumbukan itu sebesar :

11) Siswa memahami contoh soal dan mengajukan pertanyan jika masih ada yang belum difahami

FASE 3: MEMBIMBING PELATIHAN

12) Guru memberikan  soal latihan untuk kepada siswa

13) Perwakilan siswa diminta untuk menuliskan hasil pekerjaan latihan soal di papan tulis.

14) Guru mengoreksi jawaban peserta didik apakah sudah benar atau belum. Jika masih terdapat peserta didik yang belum dapat menjawab dengan benar, guru dapat langsung memberikan bimbingan.

FASE 4: MENGECEK PEMAHAMAN DAN MEMBERIKAN UMPAN BALIK

15) Guru mengecek ulang pemahaman siswa dengan mengajukan beberapa pertanyaan tentang hubungan impuls dan perubahan momentum serta hukum kekekalan momentum

C. Kegiatan Penutup (15 menit)

FASE 5 : MEMBERIKAN KESEMPATAN UNTUK PELATIHAN LANJUTAN DAN PENERAPAN

1) Guru bersama siswa membuat kesimpulan atau rangkuman hasil belajar.

2) Guru memberikan tugas rumah berupa soal uraian

10.           Penilaian hasil Belajar

A. Tehnik Penilaian                         :  Tes tertulis

B. Bentuk Instrumen                      :  Tes essay

C. Contoh Instrumen                      :

1) Persamaan gelombang berjalan di nyatakan sebagai :  dengan x dalam meter dan t dalam s. Tentukan:

a)     Amplitudo gelombang

b)     Konstanta gelombang

c)     Panjang gelombang

d)     Frekuensi gelombang

e)     Cepat rambat gelombang

D. Rubrik penskoran

Penyelesaian:

Pers, umum gelombang berjalan:

Pers. Gelombang yang diketahui

Maka:

a)     A = 0,05 m                                                                                                   skor 10

b)     k = 4 ke arah kanan                                                                                   skor 10

c)     panjang gelombang

 

 

skor 30

 

d)     frekuensi getaran, dengan

 

 

skor 25

 

e)     cepat rambat gelombang (v)

skor 25

 

11.           Sumber Pembelajaran

a.     Buku Fisika SMA untuk kelas XI semester 1 dan 2 Armico halaman 95-108.

Mengetahui,

Putussibau,

Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran
 

 

 

 

 

 

Faisal, S.Pd Sri widarti, S.Pd
NIP. 19700410 199512 1 001 NIP. 19880729 201001 2 010

 

 

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: