Hukum Hooke

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

1. Identifikasi Mata pelajaran
Satuan pendidikan : SMK N 2 PTS
Kelas : X / 2
Semester : Genap
Mata Pelajaran : FISIKA
2. Standar Kompetensi : Menginterprestasikan sifat mekanik bahan
3. Kompetensi Dasar : 6.2 Menguasai Hukum Hooke
4. Indikator : a. Hukum Hooke tentang elastisitas bahan dianalisis dan dibuktikan melalui data pada kajian pustaka tersebut
b. Konstanta pegas ditentukan dari data pada kajian pustaka tersebut
c. Konstanta pegas untuk susunan pegas seri, pararlel dan gabungan dianalisis dan dihitung dengan menggunakan rumusan matematika
5. Tujuan Pembelajaran : setelah pembelajaran peserta didik diharapkan mampu:
a. Menyebutkan hukum Hooke dengan benar
b. Menghitung besarnya energi potensial dengan benar
c. Menghitung besarnya konstanta pegas yang disusun paralel
d. Menghitung besarnya konstanta pegas yang disusun seri
e. Menghitung besarnya pertambahan panjang pegas
6. Materi Ajar :
HUKUM HOOKE
A. Perumusan Hk. HOOKE
Menurut hk. Hooke bila sebuah pegas ditarik oleh pasangan gaya F maka pegas tersebut akan bertambah panjang sebanding dengan besarnya gaya yang mempengaruhi pegas tersebut.
F : gaya yang bekerja pada pegas (N)
Δx : pertambahan panjang pegas (m)
Dari kenyataan tersebut Hoke membuat suatu hukum tentang gaya pegas yang dapat dinyatakan seperti berikut:
Besarnya gaya yang diberikan pada pegas :
• Sebanding dengan tetapan pegas (k)
• Sebanding dengan perubahan panajng (Δx)
Dapat dinyatakan dengan persamaan:

Dengan :
F : gaya yang bekerja pada pegas (N)
Δx : pertambahan panjang pegas (m)
K : tetapan (konstanta) pegas (N/m)

B. Energi Potensial Pegas
Usaha yang diberikan pada pegas diubah oleh pegas menjadi energi potensial pada pegas, yang besarnya sama dengan usaha yang diberikan.

Ep = energi potensial pegas (J)
Contoh soal menghitung besarnya energi potensial pegas:
Sebuah pegas ketika ditarik dengan gaya 10 N bertambah panjang 4 cm. Berapa energi potensial yang dimiliki pegas saat itu?
Penyelesaian:
Dik:
F = 10 N
Δx = 4 cm = 4 x 10-2 m
Dit: Ep…?

Maka

C. Sususnan Pegas
1. Susunan Paralel
Perhatikan gambar berikut:

Dalam hal ini untuk susunan paralel berlaku:

Contoh soal susunan paralel:
Sebuah beban dengan massa 4 kg digantungkan pada tiga buah pegas yang dihubungkan paralel, dan tetapan pegasnya masing-masing k1= 100 N/m ; k2¬ = 200 N/m ; k3 = 100 N/m. Berapa meter susunan pegas-pegas tersebut dapat bertambah panjang?(g=10 m/s2)
Penyelesaian
Dik:
M = 4 kg
K1 = 100 N/m
K2 = 200 N/m
K3 = 100 N/m
g = 10 m/s2
dit : Δx…?
maka

2. Susunan Seri
Perhatikan gambar berikut:

Dalam hal ini untuk susunan seri berlaku:

Contoh soal susunan seri:
Dua buah pegas dengan tetapan pegas 100 N/m dan 300 N/m dihubungkan secara seri dan diberi gaya sebesar 15 N. Berapakah pertambahan panjang susunan pegas tersebut?
Penyelesaian:
Dik:
F = 15 N
K1 = 100 N/m
K2 = 300 N/m
maka

Maka

Sehingga

7. Alokasi Waktu : 2 x 45 menit
8. Model dan Metode Pembelajaran
Model : DI
Metode : Ekspositori, Diskusi, Tanya Jawab
9. Kegiatan Pembelajaran
A. Kegiatan Pendahuluan (15 menit)
1) Mengucapkan salam
2) Mengabsen siswa
3) Memeriksa kesiapan siswa serta kesiapan ruang, alat dan media pembelajaran
FASE 1 : MENYAMPAIAKN TUJUAN DAN MEMPERSIAPKAN SISWA
4) Prasyarat pengetahuan:
– Apakah pengertian gaya?
5) Menyampaikan kompetensi (tujuan) yang akan dicapai dan rencana kegiatan.

B. Kegiatan Inti (60 menit)
FASE 2: MENDEMONSTRASIKAN PEGETAHUAN DAN KETERAMPILAN
1) Guru menuliskan judul “HUKUM HOOKE”
2) Guru meminta siswa untuk mendiskusikan pengertian gaya dengan teman sebangkunya
3) Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan pengertian gaya
4) Guru meminta siswa menyebutkan bunyi hukum Hooke beserta besaran-besaran fisika yang digunakan.
5) Siswa memformulasikan energi potensial pegas dengan bantuan bahan ajar
6) Guru memberikan informasi yang benar menegenai besaran-besaran yang digunakan serta memformulasikan energi potensial pegas kedalam persamaan matematis.
7) Guru memberikan contoh soal untuk menghitung besarnya energi potensial pegas.
8) Siswa diminta memahami contoh soal dan mengajukan pertanyaan jika ada yang belum dipahami
9) Selanjutnya guru menjelaskan tentang susunan pegas yaitu susunan pegas paralel dan susunan pegas seri dan memformulasikan hubungan hk.hooke dengan konstanta susunan paralel serta konstanta susunan sei kedalam persamaan matematis.
10) Guru memberikan beberapa contoh soal kepada siswa untuk menghitung besarnya perubahan panajng pegas pada susunan paralel dan seri
11) Siswa memahami contoh soal dan mengajukan pertanyan jika masih ada yang belum difahami
FASE 3: MEMBIMBING PELATIHAN
12) Guru memberikan latihan kepada siswa untuk menentukan energi potensial pegas serta perubahan panjang pegas pada pegas yang disusun secara paralel maupun secara seri
13) Perwakilan siswa diminta untuk menuliskan hasil pekerjaan latihan soal di papan tulis.
14) Guru mengoreksi jawaban peserta didik apakah sudah benar atau belum. Jika masih terdapat peserta didik yang belum dapat menjawab dengan benar, guru dapat langsung memberikan bimbingan.
FASE 4: MENGECEK PEMAHAMAN DAN MEMBERIKAN UMPAN BALIK
15) Guru mengecek ulang pemahaman siswa dengan mengajukan beberapa pertanyaan tentang bunyi hk. hooks

C. Kegiatan Penutup (15 menit)
FASE 5 : MEMBERIKAN KESEMPATAN UNTUK PELATIHAN LANJUTAN DAN PENERAPAN
1) Guru bersama siswa membuat kesimpulan atau rangkuman hasil belajar.
2) Guru memberikan tugas rumah berupa soal uraian

10. Penilaian hasil Belajar
A. Tehnik Penilaian : Tes tertulis
B. Bentuk Instrumen : Tes essay
C. Contoh Instrumen :
1) Berapakah gaya yang harus diberikan pada pegas, agar pada pegas timbul energi potensial sebesar 1 Joule? (diketahui tetapan k=100 N/m)
2) Sebuah beban digantungkan pada sebuah pegas yang dihubungkan paralel dngan konstanta pegas masing-masing 200 N/m dan 100 N/m. Berapa meter pegas tersebut bertambah panjang jika massa beban 3 kg? (g=10m/s2)
3) Dua pegas dengan konstanta K1 = 100 N/m dan K2 = 300 N/m dihubungkan secara seri dan diberi gaya sebesar 30 N. Berapa pertambahan panjang susuan kedua pegas tersebut?

D. Rubrik penskoran
1) Diketahui:
k = 100 N/m
Ep = 1 J
Dit: F…?

m
Maka

SKOR 25

2) Diketahui:
M = 3 kg
K1 = 200 N/m
K2 = 100 N/m
g = 10 m/s2
dit : Δx…?
maka

SKOR 25

3) Diketahui:
F = 30 N
K1 = 100 N/m
K2 = 300 N/m
maka

Maka

Sehingga

SKOR 50
11. Sumber Pembelajaran
a. Buku Fisika SMA untuk kelas X semester 1 dan 2 Armico halaman 216-220

Mengetahui,
Putussibau,
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran

Faisal, S.Pd Sri widarti, S.Pd
NIP. 19700410 199512 1 001 NIP. 19880729 201001 2 010

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: